bintang

Star Fall effect by Tips Mempercantik Blog

BISMILLAAHIR ROHMAANIR ROHIIM

Jumat, 05 April 2013

Manfaat Dongeng Buat Anak Balita...


Pastinya dulu ketika kita masih kecil pernah atau sering mendengarkan sebuah dongeng yang diceritakan oleh orang dewasa, baik oleh orang tua maupun guru. Rasanya begitu menyenangkan mendengarkan cerita yang dibawakan dengan penuh khayalan dan imajinasi kita saat mengikuti ceritanya. Bahkan menginginkan bisa terus didongengkan di keesokan harinya lagi.


Sekarang mari kita bahas kembali manfaat mendongeng untuk anak. Pendidikan melalui dongeng sangat disukai anak-anak. Berbagai pesan mudah diterima oleh anak jika disampaikan melalui sebuah cerita. Jika kita masih ingat cerita Si Kancil, Sangkuriang sampai cerita anak populer seperti Cinderella atau Putri Salju. Begitupun dengan
anak, mereka bisa mengingat pesan utama dari cerita-cerita tersebut melalui mendongeng.



Dongeng bukan hanya sekedar media hiburan tetapi juga alat mendidik yang baik bagi anak-anak. Melalui dongeng, orangtua, guru dan anak dapat memetik banyak manfaat. Berikut manfaat dongeng untuk anak-anak:
  • Dongeng mengajarkan banyak nilai positif yang berguna membangun pola tingkah laku anak saat bertumbuh.
  • Anak yang terbiasa mendengarkan dongeng umumnya lebih pintar berekspresi dan percaya diri saat harus tampil di depan umum.
  • Kebiasaan mendengarkan dongeng menjadi anak lebih mandiri karena terbiasa berpikir kritis dan kreatif dalam menyikapi suatu masalah.
  • Dari dongeng tersebut selalu ada nasihat yang tersirat. Tanpa disadari, anak akan mengaplikasikan apa yang mereka dapat dari dongeng tersebut.
  • Anak yang sering mendengarkan dongeng memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Mereka mampu berkomunikasi dengan baik karena memperoleh banyak kosakata yang didapat dari sebuah dongeng sehingga mudah bersosialisasi.
  • Dengan dongeng imajinasi anak juga terus dilatih berkembang sehingga secara intelektual anak ini lebih unggul.
  • Sebuah dongeng selalu memiliki pesan moral di baliknya yang membuat anak belajar membedakan hal yang baik dan buruk untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan.
  • Mendongeng secara rutin sangat efektif mengakrabkan hubungan antara orangtua dan anaknya atau guru dengan muridnya.

Memberikan pengertian melalui
dongeng
adalah langkah yang baik dan dapat mempererat hubungan, baik antar orang tua dan anak, atau guru dan murid. Anak-anak tidak suka digurui, mereka dapat belajar dari dongeng. Apakah Bapak Ibu suka menyajikan cerita yang seru, menarik dan bisa mengajak anak-anak terlibat penuh dengan melibatkan kelima indera mereka? Yuk bagi ceritanya di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar